Rabu, 08 Januari 2014

Resep Rainbow Cake Spesial

bahan yang di butuhkan untuk layer cake :
6 butir kuning telur
4 butir putih telur
165 gram tepung terigu protein sedang
1 sdm tepung maizena
1 scht susu bubuk full cream
1 sdt VX (pelembut kue)
1 sdt vanili
1 sdt SP (pengembang kue)
150 gram mentega (lelehkan)
6 pewarna makanan (merah, orange, kuning, hijau, biru, ungu)
5 perasa makanan (strawberry, jeruk, pandan, lechy, anggur)
whipped cream

whipped cream :
(saya dapat whipped cream yang tidak kalah enaknya dengan merk hollman di toko kue pasar mayestik tinggal di tambahkan perasan jeruk lemon, chesse cream dan coklat putih), tapi bila kurang puas bisa membuat cream sendiri.
bahan :
250 gram hollman butter
150 gram mentega putih
1 scht susu kental manis
1 buah jeruk lemon di peras dan di ambil airnya

cara membuat :
kocok hollman butter, mentega putih, dan susu kental manis sampai kaku dan enak saat di telan (tidak lengket di langit-langit mulut) kira-kira sampai 30 menitan. lalu masukan juga perasan jeruk lemonnya

cara membuat :
1. siapkan loyang ukuran diameter 18cm oleskan dengan mentega dan lapisi dengan kertas roti. dan panaskan panci untuk mengukus. (bisa menggunakan 3 loyang bahkan 2 loyang tapi di kukus secara bergantian)
2. ayak tepung terigu, maizena, vanili dan susu bubuk menjadi satu.
3. kocok semua telur dan gula dengan kecepatan mixer tinggi, sampai setengah mengembang tambahkan SP dan kocok hingga kaku sekitar 15-20 menit dengan kekuatan mixer tinggi dan pastikan aduk searah.
4. setelah kocokan kaku, kecilkan kekuatan mixer ke tenaga terendah. masukan ayakan terigu dan lain-lain secara perlahan diselingi dengan mentega leleh dan lanjtkan sampai habis. jangan terlalu lama mengaduknya.
5. bagi adonan menjadi 6 di dalam mangkok dan masukan warna dan perasa ke masing-masing adonan.
6. masukan yang pertama adonan warna ungu-anggur ke dalam loyang dan dikukus selama sekitar 15 menit. lanjutkan sampai adonan ke 7
7. pastikan adonan sudah dalam suhu ruangan tidak panas.
8. atur warna mulai dari dasar berwarna ungu, di olesi dengan whipped cream, selanjutnya warna biru, hijau, kuning, orange, dan merah. bila suka setiap lapisan whipped cream di berikan potongan cherry dan strawberry agar lebih segar.
9. di hias sesuai selera.

and done!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar