Rabu, 08 Januari 2014

Tips membuat kue bolu agar tidak bantat

biasanya tanpa kita sadari kita bisa melakukan kesalahan kecil yang akan berdampak besar pada hasil kue yang sedang kita buat. mulai dari salah komposisi, tidak sesuai dengan contoh bentuknya, belum matang atau overcook sampai yang paling sering terjadi adalah kue yang tidak mengembang atau bantat. ini beberapa tips agar kue bisa mengembang dengan sempurna.

1. Bahan yang dipakai dalam suhu ruang. Maksudnya, jangan gunakan telur yang baru dikeluarkan dari lemari es. Bila menggunakan mentega cair, jangan dicampur dengan adonan ketika masih panas. Aturlah waktu pembuatan sehingga ketika akan dipakai bahan yang diperlukan sudah dalam suhu ruang. Perhatikan terigu yang akan anda gunakan, jangan gunakan terigu yang lembab atau menggumpal. Bila perlu, jemur dan ayak terigu sebelum digunakan.

2. Pastikan semua peralatan yang dipakai bersih, kering dan tidak lembab/berair sehabis dicuci atau bahkan berminyak, karena bila telur bercampur dengan minyak akan mengakibatkan adonan tidak mengembang sehingga menjadi bantat.

3. Kocoklah adonan sampai putih dan mengental. Bila belum yakin akan kekentalannya, dapat diuji dengan menggunakan spatula karet. Jika adonan menempel pada spatula dan tidak mudah jatuh, berarti adonan sudah mengental dengan baik.

4. Jika adonan sudah mengental, silakan masukkan tepung dengan cara mengayaknya di atas adonan. Aduklah adonan sampai rata dan pastikan tidak ada tepung, terutama di bagian bawah dan pinggir wadah yang tidak tercampur.

5. Seperti tips no. 1 mengatur waktu pembuatan juga diperlukan untuk memanaskan oven.anda perlu memanaskan oven ketika masih membuat adonan. Hal ini cukup tricky, jangan biarkan oven terlalu panas ataupun tidak dipanaskan sama sekali karena adonan akan turun dan menjadi bantat jika masuk dalam suhu oven yang terlalu panas ataupun dingin.

6. Pesan ibu yang mengingatkan anaknya untuk tidak membuka oven itu benar. Paling tidak biarkan adonan dipanggang dalam oven selama ¾ jam sehingga proses pemanggangan menyeluruh.


bila di perlukan bisa juga di gunakan bahan tambahan seperti cake emulsifier atau SP untuk membantu cake atau bolu mengembang lebih sempurna.

sumber : http://www.resepkita.com/detailTips.asp?recId=104

1 komentar: